Identifikasi dan Analisa Risiko

Dinamika pasar dan transaksi di industri Berjangka Indonesia memiliki antusias tersendiri di kalangan investor. Pasar bergejolak dan berisiko. Namun juga menyajikan paradoks risiko-pengembalian hasil yang menarik. Pasar forex, komoditi emas dan stock indek adalah pasar terbesar dan paling likuid di dunia dalam hal total nilai tunai dan volume transaksi yang diperdagangkan.

“Risiko berhubungan dengan  ketidakpastian yang terjadi karena kurang atau tidak tersedianya cukup informasi tentang apa yang akan terjadi”. Sesuatu yang tidak pasti (uncertain) dapat berakibat menguntungan atau merugikan. Ketidakpastian yang menimbulkan kemungkinan menguntungkan dikenal dengan istilah peluang (Opportunity), sedangkan ketidakpastian yang menimbulkan akibat yang merugikan dikenal dengan istilah risiko (Risk).

Secara umum risiko dapat diartikan :

Suatu keadaan yang dihadapi seseorang  dimana terdapat kemungkinan yang merugikan”.

Berdasarkan Pengalaman Trading risiko dapat diartikan: Bagaimana membuat keputusan transaksi ketika semua memiliki relevansi, konsekuensi dan probabilitas yang diketahui

1. Identifikasi Risiko

Identifikasi risiko merupakan suatu proses yang secara sistematis dan terus menerus dilakukan untuk mengetahui secara dini kemungkinan timbulnya  kerugian. Proses identifikasi risiko adalah proses yang terpenting, karena dari proses inilah, semua risiko yang ada atau yang mungkin terjadi di pasar  dapat di antisipasi.

Mekanisme Identifikasi risiko : 1. Cegah       2. Terima         3. Recovery

 

2. Analisis Risiko

Menentukan signifikansi atau dampak dari risiko  melalui suatu analisis probabilitas. Analisis risiko membutuhkan parameter yang jelas untuk mengukur dampak dari suatu potensi risiko.

Teori probabilitas adalah kerangka matematis yang memungkinkan kita menganalisis sebuah peristiwa dengan cara yang logis. Sebuah peristiwa dalam trading diwakili oleh angka dalam bentuk formasi grafik. Selanjutnya dengan parameter angka tersebut, kita bisa mendeteksi peristiwa selanjutnya yang akan terjadi.

PARAMETER PELUANG & RISIKO

TINGKATAN PARAMETER DESKRIPSI
A Almost Certain Sangat sering terjadi
B Likely Lebih sering terjadi atau terjadi beberapa kali lagi
C Unlikely Sedikit sering terjadi
D Rare Jarang terjadi

PARAMETER DAMPAK RISIKO

TINGKATAN PARAMETER DESKRIPSI
A Negligible Dampak yang terjadi sangat kecil
B Minor Dampak yang terjadi kecil dan kerugian financial dalam skala medium
C Mayor Dampak yang terjadi besar dan kerugian financial besar
D Severe Dampak yang terjadi sangat besar dan kerugian finansial sangat besar

Risiko adalah hal yang tidak akan pernah dapat dihindari pada setiap kegiatan manusia, demikian juga dengan  aktivitas trading. Kemampuan dan komitmen yang tinggi  dalam membuat  analisis risiko, yang diadopsi dari disiplin trading (teknik analisis, trading plan dan risk & money management) dalam proses pengambilan keputusan trading sangat penting, karena di pasar terdapat unsur ketidakpastian.

image-artikel

Popular Jurnal