Market Sebagai Bentuk pengulangan

By

Edukasi Trading

 

Dalam hal ini penulis mencoba membuka pemahaman dasar analisa yang tentunya banyak tidak difahami orang banyak pada waktu melakukan proses analisa technical yaitu adanya istilah History Repeat It Self  “  Sejarah akan mengulang kembali “.

Teori tentang pengulangan ini kita bisa perhatikan dan amatin secara seksama di setiap pergerakan apapun produk market, baik currency atau crossrate currency, indeks atau oil, emas dan silver sebagai produk turunannya.

Hal ini kita bisa dengan mudah menemukan pengulangan tersebut di setiap time frame bergerak membuat suatu pergerakan di satu area yang lebih kita sebut dengan Range yang dibentuk dari adanya average support dan average resistant baik di time frame kecil seperti 5M, Hourly, 4jam atau bahkan di time frame besar seperti daily, weekly, monthly atau yearly kecuali historical price dimana market akan membuat history selanjutnya berdasarkan adanya besaran demand and supply pada suatu produk market di dunia.

hanya saja yang sering jadi pertanyaan mendasar adalah kapan market akan mengulang? jawabannya adalah dengan sabar harus menunggu di setiap pergeseran range harga yang terjadi setiap saatnya, ini bisa dilihat dari kita harus selalu memperhatikan minimal 4jam pergerakan di setiap range yang sebelumnya terjadi untuk melihat minimal 4jam kedepan yang akan terjadi, diluar dari adanya faktor fundamental sebagai salah satu input terjadinya demand and supply meskipun keberadaan fundamental terhadap market tidaklah sepenuhnya harus kita aplikasikan langsung setiap saatnya,karena fundamental ekonomi dibuat bukan untuk kepentingan sesaat melainkan untuk kepentingan jangka waktu tertentu dan ini harus di resume berdasarkan data yang terjadi sebelumnya, minimal dilihat dari berapa waktu kepentingan data ekonomi itu dibuat dan untuk kepentingan apa.

Karena sejatinya kebijakan ekonomi diambil untuk dua kepentingan yakni melakukan kebijakan depensif dan kebijakan offensif terhadap situasi ekomi yang terjadi pada suatu negara atau pada negara Amerika dimata mata uangnya dipakai menjadi nilai acuan perdagangan dunia.

Kembali kepada pengulangan tadi diatas, penulis mencoba membuat resume bagaimana melakukan analisa technical pada suatu produk di market hanya dengan cara sederhana yaitu :

  1. Perhatikan pergerakan daily dari indirect quotation dulu yaitu USDJPY dan USDCHF dilihat dari pergerakan sebelumnya minimal 5hari kebelakang atau bahkan beberapa bulan sebelumnya untuk memastikan apakah ada pattern yang sama di range tertentu dimana harga itu bergerak baik itu menguat atau melemah. lalu setelah itu buat lah garis trendline berdasarkan support dan ressistantnya tarik kedepan dimana curren pricenya bergerak.Nah setelah itu buat lah hal yang sama di range sebelumnya baik itu diatasnya atau dibawahnya, ini dilakukan agar suapaya mengetahui akan kemana bergesernya suatu pergerakan berdasarkan range yang akan dibuat.
  2. Perhatikan pergerakan 4jam dari market dilihat dari time frame tadi. Buat hal yang sama seperti point di atas.
  3. Buat hal yang sama dengan produk direct quotations nya yaitu GBPUSD,EURUSD dan AUDUSD.
  4. Apabila ada terlanjur memilih Gold (XAUUSD) sebagai produk pilhan, maka haruslah dilakukan paling akhir pada urutan ini, dikarenkan Gold adalah produk turunan dari adanya money market

Nanti di litelatur selenjutnya penulis akan coba bahas mengenai hipotesa ini dan penulis sudah melakukan research dimulai tahun 2008 lalu dengan mencoba berbagai kondisi dan situasi di market.

  1. Berikutnya mulai lah melihat pattern di Time Frame pendek yaitu 5menit untuk melakukan eksekusi di market dan tentunya dengan selalu menempatkan Stoploss sebagai bagian dari Risk and Money Managemen.

Adapun cara menempatkan Stoploss dengan benar, penulis sudah membuat ulasan di jurnal sebelumnya.

Ini semua dibutuhkan ketekunan dan perhatian khusus untuk bisa memahami pengulangan ini akan tetapi buah hasil dari melihat pengulangan ini bisa dirasakan nanti setelah kita bisa sering melihat dari setiap pattern terjadi di setiap time frame besar tentunya dan melihat atau memastikan dalam time frame pendek agar supaya kita mengetahui besaran resiko yang akan dihadapi apabila terjadi salah arah atau melawan trend.

Dan dengan memperhatikan pengulangan ini akan membuat kita bisa menentukan sedang akan kemana trend atau kecenderungan yang akan terjadi. Dan yang pasti akan lebih mengetahui berapa potensial resiko dan tentunya akan mengetahui juga adanya potensial earning.

Dibawah ini ada contoh dimana kita bisa melihat pola bentuk pengulangan yang akan terjadi, nantinya membantu kita membuat hipotesa lalu akan membuahkan analisa yang menjadikan perilaku pada waktu eksekusi.

 

Diatas adalah salah satu dari disebut bentuk pengulangan di XAUUSD atau Gold Spot dari Nopember 2022 s/d pekan pertama Febuari 2023 dimana kita bisa dengan jelas terdapat bentuk pengulangan di range berdasarkan time frame daily ke weekly nya tinggal melihat apa kan terjadi di weekly range, monthly range dan seterusnya.

 

gambar ini adalah teori pengulangan itu ada, dan penulis sengaja butuh waktu untuk bisa membuktikan secara jelas bahwa pengulangan itu terjadi.

sumber Trading view.com, image by CC-BY-SA-NC

Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

 

image-artikel

Popular Jurnal