Cable Tak Berdaya vs Keperkasaan Greenback

Cable Tak Berdaya vs Keperkasaan Greenback

Pergerakan mata uang Poundsterling terhadap Dollar AS berada pada jalur pelemahannya. Dimana pelemahan mata uang Cable ini di sebabkan adanya penguatan di mata uang Dollar AS.

Pelemahan Poundsterling ini juga adanya aksi profit taking yang dilakukan oleh para pelaku pasar. Pelemahan mata uang Poundsterling di prediksi akan terhenti pada perdagangan market sesi Asia hari ini, ditengah bagusnya rilis data ekonomi Inggris.

Data ekonomi tersebut adalah BRC Retail Sales Monitor, data ini di rilis diatas prediksi namun masih di bawah periode sebelumya. Data ini di rilis sebesar 0,6% sedangkan prediksi hanya 0,3% dan data periode sebelumnya sebesar 1,8%.

Kondisi mata uang Dollar AS masih berada pada jalur penguatan nya. Dukungan penguatan Dollar AS ini berasal dari keyakinan akan pelaksanaan kenaikan tingkat suku bunga tidak lama setelah tapering selesai di Maret nanti.

Selain itu penguatan Dollar AS juga mendapat dorongan dari naiknya nilai yield oblligasi pemerintah Amerika dengan tenor 10tahun. Kenaikan yield obligasi ini sudah terjadi secara berturut-turut. Hal ini menggambarkan tingkat ekonomi dan ketenagakerjaan.

Dengan hal tersebut diatas maka semakin membuat bertambah keyakinan para pelaku pasar akan pelaksanaan kebijakan moneter Bank Sentral Amerika. Dimana ekspektasi yang berkembang saat ini adalah pelaksanaan pemangkasan stimulus dan kenaikan tingkat suku bunga yang akan di laksanakan lebih cepat dari prediksi.

Tapering akan selesai pada Maret 2022 nanti dan nampaknya akan segera dilakukan pelaksanaan kenaikan tingkat suku bunga. Namun apakah kenaikan suku bunga tahun ini akan ada sebanyak berapa kali dan berapa basis point, belum di jelaskan secara detail.

Focus para pelaku pasar nanti malam tertuju pada Fed Chair Powell Testifies yang akan di mulai pukul 22:00 WIB. Dalam agenda kali ini  bisa saja Powell akan membahas mengenai rencana kenaikan tingkat suku bunga. Sebanyak apakah kenaikan suku bunga di tahun ini dan seberapa besar kenaikannya.

Analisa Tekhnikal GBPUSD

Di prediksi Trend masih akan Bullish/naik.

 

Pivoit poin = 1,35702

 

Support 1 = 1,35372

Support 2 = 1,34987

Support 3 = 1,34657

 

 

Resistance 1 = 1,36087

Resistance 2 = 1,36417

Resistance 3 = 1,36802

 

Tetap bijak dalam trading dengan memperhatian Money Management dan Risk Management agar kelangsungan modal dan account trading anda tetap berlanjut.  Happy Trading dan salam profit konsisten.