Euro Semakin Anjlok Efek Kembali Meningkatnya Penderita Covid-19

Euro Semakin Anjlok Efek Kembali Meningkatnya Penderita Covid-19

Pergerakan mata uang tunggal zona Eropa yaitu Euro kembali melemah terhadap Dollar AS, setelah adanya kekhawatiran akan peningkatan jumlah penderita Covid-19 di Eropa. Pelemahan Euro ini justru mengesampingkan pelemahan terbata di mata uang Dollar AS.

Pelemahan Euro ini merupakan pelemahan yang terjadi selama beberapa hari terakhir, imbas kembali mencuatnya rencana negara di Eropa akan melakukan lockdown imbas kembali meningkatnya jumlah penderita Covid-19 di negara-negara Eropa.

Selain itu pelemahan mata uang Euro juga imbas rilis data ekonomi Eropa yang negative. Data tersebut adalah data inflasi Eropa (Core CPI) yang di rilis lebih rendah dibandingkan prediksi dan periode sebelumnya.

Kondisi mata uang Dollar AS mengalami pelemahan terbatas terhadap beberapa mata uang utama lainnya pada perdagangan market kemarin. Pelemahan terbatas Dollar AS ini karena rilis data ekonomi AS yang mixed.

Data yang di maksud adalah Housing Start dan Crude Oil Inventories yang di rilis mixed. Untuk data Housing Start dirilis lebih rendah dibandingkan dengan prediksi dan data periode sebelumnya.

Ditengah kembali melonjaknya penderita Covid-19 yang melanda Eropa dan China telah menyebabkan prilaku para pelaku pasar menyerbu asset safe haven. Saat ini yang menjadi primadona adalah Emas, dibandingkan dengan asset safe haven lainnya.

Namun penguatan mata uang Dollar AS masih berpeluang terjadi ditengah wacana akan dinaikannya tingkat suku bunga AS peling cepat setelah selesainya tapering di laksanakan. Tapering di prediksi akan selesai pada pertengahan tahun 2022 nanti.

Focus data ekonomi Eropa yang akan dirilis hari ini adalah Spanish 10-y Bond Auction yang akan dirilis tentative. Meski data ini low impact namun bisa menggerakkan mata uang Euro. Disamping memperhatikan rilis data lainnya.

Analisa Tekhnikal EURUSD

Di prediksi Trend masih akan Beariish/turun.

 

Pivoit poin = 1,13042

 

Support 1 = 1,12769

Support 2 = 1,12356

Support 3 = 1,12083

 

 

Resistance 1 = 1,13455

Resistance 2 = 1,13728

Resistance 3 = 1,14141

 

Tetap bijak dalam trading dengan memperhatian Money Management dan Risk Management agar kelangsungan modal dan account trading anda tetap berlanjut.  Happy Trading dan salam profit konsisten.