Pergerakan Emas Sideways Imbas Libur Thanksgiving

Pergerakan Emas Sideways Imbas Libur Thanksgiving

Pergerakan harga Emas cenderung terbatas dan sideways pada perdagangan market Kamis kemarin. Pergerakan yang terbatas ini disebabkan karena market Amerika libur memperingati thanksgiving. Selain itu para pelaku pasar lebih memilih untuk wait and see ditengah kondisi pergerakan market Emas yang menurun.

Bias penurunan harga Emas masih tertekan penguatan mata uang Dollar AS ditengah signal percepatan tapering dari jadwal sebelumnya. Selain itu kenaikan nilai yield obligasi turut membuat pergerakan Emas menurun.

Mata uang Dollar AS masih dalam kondisi penguatannya dan berada di level tertinggi meski kemarin libur memperingati thanksgiving. Dukungan penguatan Dollar AS ini masih seperti sebelumnya, yaitu setelah kembali terpilihnya Powell untuk kedua kalinya memimpin Bank Sentral Amerika.

Penguatan Greenback ini juga disebabkan oleh sepakatnya para anggota pertemuan FOMC mengenai wacana percepatan penyelesaian tapering dari rencana sebelumnya. Tapering di rencanakan akan selesai pada pertengahan tahun 2022 nanti.

Kesepakatan para anggota FOMC ini harus di lihat jika kondisi kenaikan tingkat inflasi AS masih terus terjadi. Dengan mempercepat penyelesaian tapering maka akan memaksa Bank Sentral meng-agendakan rencana kenaikan tingkat suku bunga.

Meski penguatan Dollar  AS masih terus terjadi, namun penurunan Emas masih tertahan di level US $1778,43/troypunce.  Karena masih banyak factor pendorong bagi Emas untuk berbalik arah naik.

Faktor tersebut diantaranya adalah kembali melonjaknya jumlah penderita Covid-19 di Eropa dan China. Selain itu masih terus naiknya tingkat inflasi AS dan beberapa negara industri  menjadi tenaga pendorong bagi kenaikan harga Emas. Bahkan beberapa negara di Eropa berencana akan kembali melakukan lockdown.

 

 

 

Analisa Tekhnikal GOLD (XUL)

Di prediksi Trend akan Bearish/turun.

 

Pivoit poin = 1789,63

 

Support 1 = 1784,31

Support 2 = 1780,54

Support 3 = 1775,22

 

 

Resistance 1 = 1793,40

Resistance 2 = 1798,72

Resistance 3 = 1802,49

 

Tetap bijak dalam trading dengan memperhatian Money Management dan Risk Management agar kelangsungan modal dan account trading anda tetap berlanjut.  Happy Trading dan salam profit konsisten.