Sinar Emas Masih Nampak Pasca Rilis NFP

Sinar Emas Masih Nampak Pasca Rilis NFP

Bias sinar pergerakan harga Emas masih nampak dan naik setelah rilis data NFP yang mengecewakan. Kenaikan harga Emas ini telah berhasil menyentuh level tertinggi hariannya di US $1798,57/troy ounce. Sebelumnya pergerakan harga Emas menurun dan menyentuh level terendahnya di US $1782,56/troy ounce.

Meski negative rilis data NFP, namun pergerakan Emas justru mendapat tekanan dari naiknya nilai yield obligasi pemerintah dengan tenor 10tahun. Selain itu kenaikan Emas juga mendapat tekanan dari bagusnya rilis data Pengangguran Bulanan (Unemployment Rate) dan Upah Perjam (Average Hourly Earnings).

Pergerakan harga Emas masih berada pada range mingguan di US $1830 – 1782/troy ounce. Range ini berdasarkan pergerakan market pada pekan lalu. Namun pada pekan ini akan ada rilis data inflasi Amerika yang pastinya akan di tunggu dan akan mempengaruhi pergerakan harga Emas selanjutnya.

Greenback bergerak cenderung stabil meski sempat melemah terbatas pasca rilis data NFP yang negative. Data ketersediaan lapangan pekerjaan diluar sektor pertanian hanya di rilis 199.000 lebih rendah dari prediksi dan periode sebelumnya.

Namun banyak analis memperkirakan recana kenaikan tingkat suku bunga tidak akan berpengaruh meski data NFP mengecewakan. Disisi lain data upah perjam dan data pengangguran bulanan di rilis sangat bagus dan semakin menambah keyakinan para pelaku pasar bahwa rencana kenaikan suku bunga tetap berjalan.

Lemahnya rilis data NFP ini bisa disebabkan oleh banyaknya aksi resign yang di lakukan warga AS dan mereka mencoba mencari peruntungan di lowongan pekerjaan yang baru dengan tawaran gaji yang lebih besar yang memang sedang gencar dilakukan oleh pemerintah AS.

 

 

 

Analisa Tekhnikal GOLD (XUL)

Di prediksi Trend akan Bearish/turun.

 

Pivoit poin = 1792,26

 

Support 1 = 1785,95

Support 2 = 1776,25

Support 3 = 1769,94

 

 

Resistance 1 = 1801,96

Resistance 2 = 1808,27

Resistance 3 = 1817,97

 

Tetap bijak dalam trading dengan memperhatian Money Management dan Risk Management agar kelangsungan modal dan account trading anda tetap berlanjut.  Happy Trading dan salam profit konsisten.