Sinar Emas Meredup ke Level US $ 1786,34/Troy Ounce

Sinar Emas Meredup ke Level US $ 1786,34/Troy Ounce

Meredupnya sinar Emas pada perdagangan kemarin, disebabkan oleh semakin perkasanya Dollar AS. Selain itu penurunan harga Emas juga mendapat tekanan dari semakin melonjaknya nilai yield obligasi pemerintah AS dengan tenor 10tahun.

Penurunan harga Emas ini justru mengesampingkan rilis data ekonomi AS yang negative. Data ekonomi tersebut adalah Unemployment Claim dan ISM Services PMI yang dirilis buruk, yang harusnya mendorong Emas untuk naik.

Namun meski rilis data ekonomi AS negative kondisi Dollar AS justru semakin menguat. Dorongan penguatan Dollar AS ini berasal dari proyeksi akan pelaksanaan kenaikan tingkat suku bunga tidak lama setelah pelaksanaan tapering selesai.

Hasil kesepakatan pertemuan para ketua Bank Sentral negara bagian di AS dengan Bank Sentral AS The Fed (FOMC) pada Kamis dini hari kemarin telah menyokong penguatan Dollar AS. Pertemuan kemarin sepakat akan melakukan Tindakan yang cepat guna meredam kenaikan inflasi.

Selain itu para anggota The Fed sepakat akan melaksanakan Quantitative Tightening (QT) yaitu memangkas pembelian asset yang telah di beli dengan QE (Quantitative Easing).

Disisi lain perkembangan dan penambahan jumlah lapangan kerja dan penyerapan jumlah tenaga kerja yang ada saat ini sudah menunjukkan kearah yang diharapkan. Namun kenaikan tingkat inflasi masih harus di redam dan salah satu cara yang ampuh adalah dengan menaikan tingkat suku bunga.

Focus para pelaku pasar hari ini semua tertuju dengan rilis data NFP serta data jumlah pengangguran bulanan dan diikuti dengan upah perjam. Data ini akan sangat ditunggu para pelaku pasar, karena data ini akan mempengaruhi keputusan The Fed dalam menentukan berapa banyak kenaikan suku bunga pada tahun ini.

 

 

 

Analisa Tekhnikal GOLD (XUL)

Di prediksi Trend akan Bearish/turun.

 

Pivoit poin = 1795,78

 

Support 1 = 1780,12

Support 2 = 1770,68

Support 3 = 1755,02

 

 

Resistance 1 = 1805,22

Resistance 2 = 1820,88

Resistance 3 = 1830,32

 

Tetap bijak dalam trading dengan memperhatian Money Management dan Risk Management agar kelangsungan modal dan account trading anda tetap berlanjut.  Happy Trading dan salam profit konsisten.