Diversifikasi Membantu Anda Meminimalisir Cut Loss

Kita tidak pernah dapat memastikan bagaimana pergerakan market, sehingga kita tidak dapat melupakan pentingnya portofolio yang terdiversifikasi dengan baik dalam kondisi market apa pun. Namun, kita masih bisa untuk memprediksi arah dan pergerakan market dengan memperhatikan arah pergerakan serta pembentukan candlestick atau grafik dan dikombinasikan oleh rilis data ekonomi sesuai kalender ekonomi.

Untuk dapat menetapkan strategi trading saham yang memperkecil potensi kerugian di market Bear, kita perlu menggunakan tesis utama dalam konsep diversifikasi, yaitu Anda tidak boleh menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang. 

Mari kita bahas beberapa tips yang dapat membantu Anda melakukan diversifikasi :

 

Perluas Ekuitas

Jangan menaruh semua uang Anda di satu saham atau satu sektor. Hal kecil yang dapat kita lakukan untuk tahu perkembangan dan kualitas saham produk pilihan kita adalah dengan menggunakan barang dan jasanya langsung. 

Prinsip yang sama juga dapat kita terapkan di komoditas lain seperti ETF (Exchange Traded Fund)  atau jenis trading atau transaksi saham di reksadana, emas, forex, dll.Sebagai informasi tambahan, di Indonesia sendiri terdapat beberapa macam dan jenis untuk reksa dana yang ditransaksikan. Selain itu mengenai perbedaan yang sangat jelas antara ETF dengan Reksa Dana biasa, yaitu ETF biasanya ditransaksikan  secara langsung di bursa efek (Bursa efek Indonesia) seperti saham sedangkan reksa dana dapat di beli melalui agen penjual reksa dana (APERD). 

Namun, kita perlu tetap ingat agar jangan jatuh ke dalam perangkap karena memperluas terlalu banyak. Tidak ada gunanya berinvestasi di 100 kendaraan yang berbeda ketika Anda benar-benar tidak punya waktu atau sumber daya untuk mengikutinya. Cobalah untuk membatasi diri Anda pada sekitar 20 hingga 30 saham yang bagus untuk trading.

 

Obligasi dan Indeks

Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menambahkan dana indeks atau obligasi ke dalam portofolio Anda. Obligasi melindungi portofolio Anda terhadap volatilitas dan ketidakpastian market. Modal yang kita keluarkan di awal pun relatif rendah, ini dapat menguntungkan alokasi budget kita. Biaya pengelolaan dan operasional nya juga kecil. 

 

Ikuti Perkembangan

Membeli di harga murah dan menahan di harga rata-rata adalah strategi yang baik. Menahan harga disini pengertiannya adalah mempertahankan saham tersebut hingga harga dari saham yang ditransaksikan naik ke level harga yang diinginkan. Namun tidak cukup itu saja, Anda perlu tetap mengikuti perkembangan dan berita baru dari produk pilihan Anda, begitu juga dengan history market beberapa waktu belakang.

Dengan melakukan itu, Anda dapat mengetahui kapan saatnya untuk cut loss, menjual, dan beralih ke investasi berikutnya.

 

 Jika Anda tertarik untuk belajar trading saham, indeks, atau obligasi Anda bisa melihat E-book ataupun webinar dan seminar seputar trading online dari TPFx. Selama lebih dari 18 tahun TPFx sudah dipercaya oleh lebih dari 20.000 nasabah untuk melakukan transaksi trading di berbagai instrumen. Sekarang giliran Anda yang mendapatkan manfaat dari trading! Buat akun Anda di sini!

 

 

image-artikel

Popular Jurnal