Panik saat trading? ini solusinya

Adalah menjadi mungkin untuk melacak pergerakan harga secara rinci untuk mengungkap mekanisme di balik pergerakan pasar secara aktual dari proses acak murni, menjadi pola yang terdistribusi  dengan melihat waktu,  frekuensi dan volatilitas.

Trading Plan dengan jelas mendefinisikan rencana trading  setiap hari untuk menentukan aturan yang terdiri dari aturan masuk pasar, aturan keluar pasar dan manajemen risiko yang jelas. Aturan masuk harus cukup ketat untuk bisa  menangkap pergerakan harga Aturan keluar didefinisikan untuk memungkinkan keuntungan lebih dari menutupi kerugian dalam jangka panjang, sehingga tingkat kemenangan tidak lagi menjadi penekanan.

Keunggulan yang diberikan oleh Trading Plan apa pun harus dipertahankan melalui pengkondisian psikologis diri kita sendiri terhadap pasang surut  yang terjadi pada akun kita dalam proses perdagangan. Kekhawatiran yang tidak semestinya tentang fluktuasi jangka pendek cenderung mengurangi atau menghilangkan keunggulan yang seharusnya diberikan oleh rencana tersebut.

KOMPONEN TRADING PLAN

1.Asset Class apa yang saya perdagangkan?

2.Kerangka waktu (Time Frame) berapa yang saya pergunakan

3.Aturan masuk pasar

  1. Apa jam perdagangan saya?
  2. Jumlah posisi terbuka yang diperbolehkan pada satu waktu perdagangan
  3. Jumlah maksimum perdagangan yang dilakukan per hari

4. Aturan keluar pasar

  1. Jarak SL (ditentukan oleh candle swing low, disarankan minimal 7 points) dalam trading komoditi emas
  2. Target Profit 
  3. Sinyal Keluar Awal? (menyarankan keluar sebelum data ekonomi highimpact dan sebelum akhir pekan)

5. Penentuan ukuran Posisi

  1. Risiko per perdagangan (misal, 2 atau 5%) Ini harus tetap konsisten di semua perdagangan
  1. Jika rutinitas perdagangan melibatkan beberapa posisi terbuka, ukuran posisi tambahan dapat dihitung berdasarkan ekuitas saat ini.

CONTOH JURNAL TRADING PLAN

ASSET CLASS B/S OPEN PRICE DATE OPENED CLOSED

PRICE

DATE CLOSED  LOTS W/L P/L
XAU/USD S 1876.49 13/01/23 1868.58 13/01/23 3 W $2,412.00

B/S = Buy/Sell

W/L = Win/loss

P/L = Profit/Loss

 

SUMMARY

1. Trading plan adalah sebuah sistem, seperangkat pedoman yang digunakan untuk pengambilan keputusan transaksi yang akan membantu trader untuk mencapai tujuannya. Trading plan berguna untuk membantu anda fokus pada perencanaan dan pelaksanaan strategi trading.

2. Hasil trading yang konsisten lebih penting dari pada hasil yang fantastis namun tidak konsisten. Masih banyak trader yang beranggapan bahwa trading plan dapat dibuat secara cepat dan instan, bahkan cenderung mengabaikannya. Trading plan yang terbaik dirancang berdasarkan pengalaman, menggunakan model dan metodologi yang logis serta sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

3. Salah satu faktor keberhasilan dalam trading adalah disiplin, Pastikan Anda melakukan riset sendiri dan membuat rencana sesuai dengan kebutuhan Anda. Temukan keyakinan pada apa yang Anda ketahui. Alat yang Anda pilih untuk strategi Anda adalah kuncinya, mulai dari jenis indikator hingga strategi transaksi.

4. Dengan membuat trading plan, seorang trader telah bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri jika hasil tradingnya tidak seperti yang diharapkan, dan bisa segera mengambil langkah yang terbaik pada akun tradingnya tanpa ragu dan panik jika arah pergerakan harga pasar berlawanan dengan prediksi.

image-artikel

Popular Jurnal