Volatilitas Harga Emas Masih di Atas Level US $1870

Volatilitas pergerakan harga emas hingga saat ini masih terjadi. Dimana penggerak harga emas ini datang dari ekspektasi akan berkurangnya sikap agresif The Fed. Selain itu jika dilihat range pergerakan harga emas masih berada di atas level US $1870/troy ounce.

Sejak awal pekan ini pergerakan harga emas mengalami kenaikan. Bahkan level tertinggi untuk pekan ini berada di US $1881. Namun dominasi market emas masih dengan dorongan untuk naik lebih lanjut. Jika sesi Asia hari ini pergerakan harga emas mengalami penurunan terbatas, dikarenakan para pelaku pasar melakukan aksi profit taking sesaat.

Aksi tersebut karena focus para pelaku pasar tertuju pada rilis data inflasi AS (CPI dan Core CPI) esok hari. Namun ditengah prediksi bahwa tingkat inflasi AS nanti akan mengalami penurunan, membuat peluang kenaikan harga emas sangat terbuka lebar.

Tidak menutup peluang bahwa harga emas sebentar lagi akan menyentuh level psikologis di US $1900. Seperti diketahui bersama bahwa inflasi AS saat ini berada di level 7,1%. Diprediksi pada esok hari rilis data inflasi AS (CPI dan Core CPI) akan mengalami penurunan ke level 6,5%. Jika dirilis sesuai prediksi maka harga emas akan melonjak.

Karena dengan penurunan tingkat inflasi tersebut maka akan berpengaruh terhadap sikap agresif The Fed terutama mengenai kenaikan tingkat suku bunga lanjutannya. Dengan inflasi yang menurun tentunya arah kebijakan moneter The Fed akan berubah dan lebih soft atau kurang agresif.

Bisa saja pada pertemuan FOMC nanti kenaikan suku bunga berada d kisaran 25-50 basis poin. Menurut rencana agenda pertemuan FOMC pada awal tahun 2023 ini akan diadakan pada 02 Februari 2023 nanti.

 

 

Analisa Tekhnikal GOLD (XAUUSD)

Di prediksi Trend akan Bullish/naik.

 

Pivot poin = 1875,26

 

Support 1 = 1869,85

Support 2 = 1862,33

Support 3 = 1856,92

 

 

Resistance 1 = 1882,78

Resistance 2 = 1888,19

Resistance 3 = 1895,71

 

Tetap bijak dalam trading dengan memperhatian Money Management dan Risk Management agar kelangsungan modal dan account trading anda tetap berlanjut.  Happy Trading dan salam profit konsisten.

image-artikel

Popular Jurnal