Mari Berkenalan Dengan Saham Alphabet

GOOG dan GOOGL adalah simbol saham Alphabet (perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Google). Simbol saham adalah deretan huruf yang sekuritas beri untuk mewakili nama perusahaan yang tergabung di bursa indeks saham Amerika, yang dikenal dengan Dowjones atau Wallstreet agar dapat melantai di pasar perdagangan.

Ketika perusahaan go public, kendali pimpinan terhadap perusahaan tersebut akan semakin sulit. Hal ini dikarenakan penawaran dan penjualan saham tambahan membuat mereka menjadi minoritas.

Maka pada 2014, pendiri perusahaan menciptakan saham kelas baru, yaitu saham Kelas C untuk setiap saham Kelas A yang sebelumnya dipegang oleh pemegang saham. Siapapun yang memegang saham A pada saat pemecahan, menerima jumlah saham C yang sama, tetapi hak suara mereka tidak bertambah. Dengan cara ini, diharapkan dapat mempertahankan kontrol perusahaan oleh para pendiri dan investor awal setelah perusahaan direorganisasi sebagai Alphabet Inc.

GOOGL

Saham GOOGL dikategorikan sebagai saham alphabet Kelas A. Saham kelas A dikenal sebagai saham biasa. Mereka memberi investor saham kepemilikan dan biasanya hak suara. Mereka adalah jenis saham yang paling umum.

GOOG

Saham GOOG adalah saham alphabet Kelas C perusahaan. Saham Kelas C memberi pemegang saham kepemilikan saham di perusahaan. Namun, mereka tidak dapat memberikan hak suara kepada pemegang saham. Akibatnya, saham ini cenderung diperdagangkan dengan diskon sederhana untuk saham Kelas A.

 

Rangkuman Perbedaan Kelas

Kelas A: Dimiliki oleh investor biasa dengan hak suara reguler (GOOGL)

Kelas B: Dimiliki oleh para pendiri, dengan 10 kali hak suara saham Kelas A

Kelas C: Tidak ada hak suara, biasanya dipegang oleh karyawan dan beberapa pemegang saham Kelas A (GOOG)

Jadi, perbedaan utama antara saham alphabet GOOG dan GOOGL adalah saham GOOG tidak memiliki hak suara, sedangkan saham GOOGL memilikinya.

Karena saham A memiliki lebih banyak hak suara, seharusnya mereka sering diperdagangkan dengan harga yang cukup berbeda. Namun yang terjadi, GOOG dan GOOGL sering kali berdagang dengan harga yang hampir sama. Misalnya, pada 1 Agustus 2022, saham GOOG dibuka di sekitar $115,53 dan GOOGL di $115,30.

 

Kini, Anda sudah memahami sebagian ilmu mengenai saham alphabet. Anda bisa mulai trading dengan indeks saham besar dunia melalui broker terpercaya seperti TPFx. Dapatkan keuntungan tambahan dari trading dengan buka akun Anda saat ini juga!

 

 

image-artikel

Popular Jurnal