Poundsterling Masih Bertahan di Jalur Penguatannya

Mata uang Inggris masih bergerak dan berusaha mempertahankan penguatannya. Faktor pendukung penguatan mata uang Poundsterling ini masih datang dari pelemahan yang terjadi pada mata uang Dollar AS. Selain itu pada perdagangan market hari ini pergerakan mata uang Poundsterling lebih cenderung melemah, karena para pelaku pasar menunggu pernyataan dari ketua The Fed “Jerome Powell” nanti malam.

Ketua The Fed Jerome Powell akan berkontribusi pada acara diskusi panel di simposium Stockholm Swedia. Pada saat penyampaian pandangannya nanti bisa saja beliau akan menyinggung mengenai rencana kebijakan moneter maupun fiscalnya di tahun 2023 ini.

Terlebih saat ini ekspektasi bahwa The Fed hanya akan menaikan suku bunga lanjutan hanya sebesar 25 – 50 basis poin. Jika ekspektasi tersebut sesuai dengan kenyataan maka mata uang Poundsterling akan mempertahankan penguatannya begitupun sebaliknya.

Pelemahan di Poundsterling hari ini saat sesi Asia juga imbas adanya aksi profit taking para pelaku pasar. Hal tersebut di lakukan setelah mata uang Poundsterling menyentuh harga tertinggi hariannya di £1,22094. Wajar saja para pelaku pasar melakukan aksi profit taking di Poundsterling, karena focus terhadap agenda pernyataan ketua The Fed malam nanti.

Secara sentiment market peluang penguatan Poundsterling masih terbuka lebar. Hal tersebut disebabkan oleh ekspektasi bahwa sikap The Fed tidak akan agresif pada pertemuan nanti. Selain itu juga sudah adanya tanda bahwa ekonomi Inggris sudah mulai menunjukkan pertumbuhan.

Range pergerakan Poundsterling pada pekan ini berada di level tertinggi £1,22094 dan level terendah di  £1,18408. Namun pada pekan ini juga akan rilis data tingkat inflasi AS yaitu CPI dan Core CPI pada Kamis lusa. Diprediksi data inflasi AS ini akan menurun, jika sesuai prediksi maka Poundsterling akan melanjutkan penguatannya.

 

 

Analisa Tekhnikal GBPUSD

Di prediksi Trend masih akan Bullish/naik/menguat.

 

Pivot poin = 1,21564

 

Support 1 = 1,21034

Support 2 = 1,20223

Support 3 = 1,19693

 

 

Resistance 1 = 1,22375

Resistance 2 = 1,22905

Resistance 3 = 1,23716

 

Tetap bijak dalam trading dengan memperhatian Money Management dan Risk Management agar kelangsungan modal dan account trading anda tetap berlanjut.  Happy Trading dan salam profit konsisten.

image-artikel

Popular Jurnal